Lion Air JT610 Jatuh Dalam Kondisi Prima, Apa Penyebabnya

Sampai saat ini masih belum ada pernyataan yang resmi dari pihak yang terkait tentang apa sebenarnya yang menyebabkan pesawat Lion Air JT610 jatuh. Hingga kini fokus ada pada evakuasi para korban sekaligus badan pesawat namun masih tetap ada harapan untuk mengetahui penyebab yang sesungguhnya. Beberapa pihak juga mengutarakan pendapat dan teori mereka mengapa pesawat yang masih baru ini bisa jatuh.

Cara Mengetahui Penyebab Jatunya Lion Air JT610 Menurut Pakar Penerbangan

Alvin Lie sebagai pengamat penerbangan mengatakan jika masih banyak hal penting yang perlu diperhatikan tentang kontak pesawat Lion Air JT610 yang hilang untuk dapat memastikan segera penyebabnya dan salah satu caranya juga melihat dengan baik sejarah dari penerbangan pesawat itu. Pesawat pun juga perlu diperhatikan kesehatannya. Beliau mengatakan jika pihak bertugas perlu untuk membuka kembali log book yang berisi riwayat sejarah dari pesawat ini dengan beberapa keterangan.

Kapan pesawat terkait terakhir kali melakukan penerbangan? Apakah selama pesawat ini terbang, ada keluhan yang disampaikan oleh pilot dari penerbangan mereka yang sebelumnya? Apakah ada masalah yang terus berulang dan sudah dilaporkan namun tetap terjadi hingga kondisi keseluruhan pesawat tersebut. Kemudian menurut Alvin, hal kedua yang bisa dilakukan adalah mendapatkan informasi langsung dari Airnav Indonesia untuk mengetahui penyebab hilangnya kontak pesawat.

Termasuk juga dengan apakah pesawat ini sebelumnya sempat mengatakan kondisi yang darurat atau tidak sama sekali. Karena pilot melakukannya, maka artinya sang pilot sudah merasakan tanda-tanda atau ada kondisi yang sama sekali tidak beres dengan pesawat yang sedang dikemudikannya dan kecelakaan itu pun terjadi sebelum pilot Lion Air JT610 mengumumkan kondisi darurat dan kecelakaan pun terjadi sangat mendadak. Alvin juga mengatakan jika data BMKG juga perlu diperhatikan.

Misteri Jatuhnya Lion Air JT610 yang Dikemudikan Pilot Handal Dengan Mesin yang Baru

Namun kondisi ketika pesawat itu jatuh menurut Alvin sangat normal dan cuacanya sangat aman untuk melakukan penerbangan. Dari informasi inilah, maka kasus sebenarnya dapat lebih didalami lagi. Sejauh dari yang dia lihat, tidak ada yang berusaha untuk menemukan siapa yang patut disalahkan disini melainkan hanya sekedar lebih fokus untuk menemukan apa yang menyebabkan pesawat bisa hilang kendali dan jatuh. Ketika sudah tahu penyebabnya, maka masalah serupa bisa dicegah.

Fakta togel hongkong yang memang harus lebih diperhatikan adalah mengapa selama 13 menit penerbangan itu, pesawat bisa jatuh dan hingga sekarang, hal ini masih menjadi sebuah misteri dan dalam penyelidikan lebih lanjut lagi sehingga bisa cepat diinformasikan. Nantinya penyebab dari kecelakaan pesawat Lion Air JT610 ini bisa mengerucutkan fakta yang mungkin terungkap. Pesawat ini dikendalikan oleh seorang pilot yang sudah memiliki lebih dari 5000 jam terbang asal India.

Pilot yang bernama Bhavye Suneja ini sangat berpengalaman bahkan riwayat dirinya menerbangkan pesawat pun dapat langsung dilihat di dalam akun Linkedin milik sang pilot. Dia berasal dari New Delhi, India yang sudah 7 tahun lebih bekerja sebagai pilot di Lion Air sejak tahun 2011 silam. Bahkan dirinya juga pernah menjadi trainee pilot Emirates sehingga tidak lagi diragukan pengalamannya di dunia penerbangan apalagi pesawat yang ini adalah pesawat baru yang sejak Agustus 2018 memulai perjalanannya.

Bahkan dilansir dari The Guardian, ini merupakan kecelakaan yang pertama dari Boeing 737 MAX karena ini merupakan versi yang terbaru, lebih canggih dan juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Bahkan mesin ini juga baru saja dikenalkan secara luas di publik tahun lalu dan masih belum lama pihak Lion Air menerima pesawat yang baru dan telah teregistrasi ini karena dikirimkan langsung dari Boeing Company yang bermarkas di Amerika Serikat. Namun naas, masih belum diketahui apa yang menyebabkan Lion Air JT610 bisa jatuh padahal memiliki pesawat yang masih bari keluar dari pabrik, pilot berpengalaman dan handal serta cuaca yang cerah dan mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *