Liga 1 Indonesia Pekan ke-8, Madura United Puncaki Klasemen

Liga 1 Indonesia semakin seru saja. Memasuki pekan ke-8 dalam turnamen musim 2018 itu, PSM Makassar justru dikudeta oleh Madura United. Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerab itu berhasil jadi pemuncak klasemen sementara usai secara mengejutkan mempermalukan Persija Jakarta di kandang mereka, stadion utama GBK hari Sabtu (12/5) malam WIB.

 

Pertandingan sendiri berjalan cukup seru di mana Madura mendapat gol pembuka untuk Madura dicetak oleh pemain asal Brasil, Fabiano Beltrame pada menit ke-4. Fabiano memiliki peluang menambah gol lewat penalti yang diberikan wasit kepada Bayu Gatra karena dilanggar Valentino Telaubun. Namun tendangan Fabiano masih bisa ditepis kiper Daryono.

 

Babak kedua berlangsung dengan perubahan pemain yang dilakukan pelatih Stefano Cugurra. Ramdani Lestaluhu ditarik dan digantikan Fitra Ridwan. Lalu Riko Simanjutak masuk menggantikan Rudi Widodo di menit ke-58. Dan pada menit ke-65 giliran Bambang Pamungkas diganti oleh Marko Simic. Simic hampir saja membuat Persija menyamakan gol pada menit ke-72 tapi masih meleset. Tiga menit berselang, Ramdani mencetak gol yang dianulir lantaran offside. Petaka muncul saat di menit ke-79, Zah Rahan mampu memanfaatkan umpan Engelbert Sani dan membuat skor berubah jadi 2-0 untuk Madura.

 

Tambahan tiga poin ini membuat tim asuhan Milomir Seslija itu menggeser Persipura dengan total 16 poin. Kepada detiksport, pelatih Milo menilai kalau Persija meremehkan Madura sehingga cukup kaget saat anak asuhnya tampil dominan dan kompak sehingga sukses mencuri kemenangan. Hal ini tampak beralasan karena di babak awal, Persija malah menurunkan pemain pelapis.

 

Persib Bungkam Persipura di Kandang

Selain digeser oleh Madura dari puncak klasemen, Persipura juga tampak muram karena kalah saat pertandingan togel singapura tandang ke Bandung. Dalam laga yang berlangsung hari Sabtu (12/5) itu di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persib mampu mengalahkan Persipura dengan skor 2-0. Maung Bandung memang tampil menekan sejak awal dan memiliki banyak sekali peluang. Hingga barulah di menit ke-26, Ezechiel N’Douassel dihadiahi penalti usai dijatuhkan Yohanis Tjoe. Tak ingin menyia-nyiakan, N’Douassel melakukan eksekusi dengan dingin dan sukses gol.

 

Gol kedua untuk Persib dicetak oleh Jonathan Bauman saat memanfaatkan bola liar dari N’Douassel pada menit ke-64. Kemenangan ini membuat Persib mendapatkan tambahan tiga poin dan naik ke peringkat tujuh dengan 11 poin, menggeser Persija yang kini harus rela ada di posisi ke-10.

 

Arema Masih di Juru Kunci

Sementara itu jauh di Malang, nasib muram masih dirasakan Arema FC. Anak asuh Joko Susilo itu gagal memetik kemenangan kandang di stadion Kanjuruhan hari Minggu (13/5) sore WIB. Arema tampil tak gentar melawan PSM yang adalah tim papan atas. Buruknya barisan pertahanan Arema terbukti saat PSM mampu unggul dengan gol pertama di menit ke-74. Enggan malu di depan Aremania yang setia mendukung, Singo Edan mampu menyamakan kedudukan tiga menit kemudian lewat tendangan Thiago Furtuoso.

 

Gagal menang dan cuma imbang 1-1 ini membuat Arema meraih tambahan satu poin. Dari delapan pertandingan yang sudah dijalani, Arema cuma mampu meraih satu kemenangan, tiga seri dan empat kalah sehingga poin mereka barulah enam. Poin terendah dari peserta Liga 1 musim ini, yang bahkan kalah dari dua tim promosi Divisi Dua, Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *