Yenny Wahid dukung Ketua BEM UI dikirim ke Asmat

      No Comments on Yenny Wahid dukung Ketua BEM UI dikirim ke Asmat

Zadit Taaqwa, ketua BEM Universitas Indonesia mendadak menjadi buah bibir masyarakat setelah aksi nekatnya yang memberikan kartu kuning kepada Presiden Jokowi. Peristiwa tersebut terjadi pada acara pidato kegiatan Dies Natalis kampus tersebut. Merespon aksinya tersebut presiden berencana mengirim Zadit serta pengurus BEM UI lainnya ke pedalaman Asmat.

 

Tak disangka, Zanuba Arrifsah Chafsoh atau akrab dengan panggilan Yenny Wahid, Direktur Eksekutif The Wahid Institute, mendukung rencana presiden Jokowi untuk mengirim ke pedalaman Asmat para aktivis mahasiswa tersebut.

 

Yenny Wahid mengatakan bahwa anak muda dengan ide-ide kreatif serta inovatif dapat turut berkontribusi memberikan solusi konkret di lapangan.

 

Lebih jauh, di kantor Wahid Institut  Menteng Yenny mengatakan bahwa para aktivis tersebut dapat menyaksikan secara langsung realita di lapangan dan dapat langsung berdiskusi untuk mendapatkan pemecahan bersama-sama demi membangun bangsa.

 

Putri sulung, mantan presiden ke-empat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menilai bagi mahasiswa sendiri akanmendapat pengalaman baru dengan hadir langsung di lapangan sehingga dapat menjadi bentuk pendidikan yang luar biasa.

 

Ia juga mengharapkan bahwa para ketua aktivis tersebut menerima undangan presiden agar melihat langsung kenyataan di lapangan.

 

Berkaitan dengan peristiwa yang terjadi kepada Presiden Jokowi pada cara Dies Natalis ke-68 UI Depok, Jawa Barat pada jumat 2 februari 2018 lalu, masyarakat diminta tak bersikap terlalu berlebihan dalam menyikapi aksi ketua BEM UI Zaadit Taqwa yang mengacungkan kartu kuning kepada Presiden Jokowi.

 

Adi Prayitno, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan bahwa dalam protes yang disampaikan oleh Zaadit terhadap Jokowi tak ada muatan yang substansial.

 

Selain itu Presiden juga telah menjalankan upaya preventif untuk menyelesaikan masalah gizi buruk yang terjadi di pedalaman Asmat, Papua. Perlu diketahui bahwa ini adalah salah satu poin yang dikritisi oleh BEM UI.

 

Dalam wawancara Agen Togel Singapura yang dilakukan senin 5 februari lalu, Adi mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah mengirim menteri ke Asmat untuk menangani masalah gizi buruk. Protes tersebut dianggap sebagai cara mengingatkan presiden bahwa masalah di pedalaman Asmat tersebut harus diselesaikan sampai tuntas.

 

Tetapi Adi juga menilai bahwa kritik yang disampaikan BEM UI ini kurang relevan karena kenyataannya masalah Asmat ini telah mendapat perhatian dan sedang dilakukan penanganan. Tentu saja hasilnya tak dapat diperoleh dalam waktu singkat karena masalah infrastruktur yang sulit dan medan yang berat.

 

Selain itu Adi pun menyoroti pendapat masyarakat yang mempermasalahkan etika penyampaian kritik yang dilakukan ketua BEM UI tersebut. Ia dinilai menodai kehormatan forum yang dihadiri presiden serta para pejabat kampus dengan aksinya yang dianggap tak beretika tersebut.

 

Adi mengatakan bahwa protes tersebut sesungguhnya dilakukan tanpa gaduh dan kekerasan pada momentum acara Dies Natalis ke-68 UI tersebut.

 

Sementara mengenai pilihan strategi gerakan tersebut memang ada berbagai alternatif bahkan ada mahasiswa yang melakukan protes dengan aksi yang lebih ekstrim lagi.

Tanggapan Zaadit Taqwa terhadap undangan presiden Jokowi

Terkait dengan rencana pemberangkatan ketua BEM UI tersebut yang bersangkutan menyatakan menolak dan memilih berangkat dengan dana yang dihimpun sendiri. Ia mengatakan bahwa alasannya adalah tak ingin menggunakan uang Negara untuk memberangkatkan mahasiswa.

 

Atas nama BEM UI serta BEM fakultas se-UI penggalangan dana lewat situs internet yang dilakukan telah berhasil mengumpulkan sumbangan hingga 41 juta rupiah.

 

Lebih jauh ia juga menyarankan agar dana yang hendak digunakan untuk memberangkatkan mahasiswa ke Asmat tersebut sebaiknya disalurkan ke hal lain untuk mempercepat perbaikan keadaan di Asmat. Sementara tentang waktu pemberangkatan serta berapa orang yang akan berangkat ia mengaku belum dapat memastikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *