Ini Caranya Agar Tak Tertipu Investasi Abal-Abal

Salah satu cara untuk menjamin masa depan serta keuangan di masa depan banyak orang mulai berinvestasi, salah satunya dengan investasi deposito.

 

Ini karena resiko deposito yang lebih rendah dan prosesnya sangat mudah. Inilah sebabnya deposito juga cocok bagi investor pemula. Deposito sebenarnya adalah tabungan tetapi nilai bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa hanya saja pemiliknya tak boleh mengambil depositonya sewaktu-waktu.

 

Karena banyaknya masyarakat yang berminat akan investasi deposito ini ada saja pihak-pihak nakal yang berusaha mencari keuntungan dengan menerbitkan deposito bodong.

 

Ciri-ciri  investasi deposito abal-abal

Agar terhindar dari menjadi korban investasi bodong ini, berikut adalah ciri-ciri deposito bodong yang penting untuk Anda ketahui.

 

Sertifikat palsu

Sertifikat deposito biasanya mempunyai karakteristik yang serupa tetapi ini dapat diperjualbelikan serta dipindahtangankan sebagai jaminan investasi.

 

Dalam melancarkan aksi penipuan, sertifikat deposito inilah yang dipalsukan dan meyakinkan korban dengan cara menunjukkan slip yang dikeluarkan oleh bank-bank togel online besar di tanah air. Umumnya jumlah komplotan penipu ini lebih dari dua orang atau lebih  merupakan sindikat. Jadi sebelum tergiur dengan investasi yang ditawarkan kepada Anda, cermati dulu keaslian sertifikat yang ditawarkan.

 

Bilyet deposito palsu

Pemalsuan bilyet deposito juga pernah terjadi pada kasus penipuan di salah satu bank. Tak sulit untuk mendapatkan dokumen yang dimaksud karena pelakunya ternyata adalah orang dalam atau pegawai pihak bank tersebut.

 

Pelaku menggunakan nama bank tempatnya bekerja untuk memalsukan bilyet deposito dan menawarkannya pada korban serta beroperasi di luar   system bank tersebut. Agar korban bersedia menempatkan dananya dalam deposito palsu tersebut pelaku menjanjikan bunga yang tinggi.

 

Setelah menyerahkan dananya  nasabah akan mendapatkan tanda terima deposito yang palsu.

 

Bunga tinggi

Banyaknya kasus penipuan yang terjadi ini selain disebabkan karena oknum-oknum nakal yang berusaha mencari keuntungan dengan cara-cara illegal juga dipicu oleh nafsu korban-korban yang menginginkan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

 

Walaupun tergiur tetapi Anda selayaknya waspada bila ada yang menawarkan investasi berbunga tinggi dengan nilai lebih dari bunga pasaran yang ada.  Sulitnya aksi kejahatan ini diberantas karena masyarakat masih mudah percaya dengan iming-iming bunga tinggi tersebut.

 

Cara menghindari menjadi korban penipuan investasi

Untuk menghindari menjadi korban tindak pidana ini, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba.

  • Pahamilah bahwa investasi tak selamanya menguntungkan. Profit yang Anda peroleh sebanding dengan resiko investasi yang Anda pilih. Karena tingkat resiko deposito yang tergolong minim tentu keuntungannya tak sebesar investasi lainnya. Bila ada yang menawarkan bunga deposito yang sangat tinggi, Anda wajib berhati-hati.
  • Sebelum berinvestasi dalam deposito pastikan bahwa dana simpanan Anda telah dijamin sepenuhnya oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Lembaga tersebut akan menjamin dana nasabah terutama yang jumlahnya kurang dari 100 juta. Jadi bila bank penerbit deposito Anda mengalami masalah, dana simpanan akan tetap aman.
  • Untuk menghindari menjadi korban deposito abal-abal, pastikan membuka deposito langsung pada kantor-kantor bank yang resmi. Mulai dari penyetoran dana sampai pengambilan dana deposito lakukan hanya pada kantor bank untuk mengurangi tingkat resiko penipuan.
  • Jangan langsung mempercayai tawaran yang menggiurkan mengingat banyak sekali tindakan-tindakan criminal yang dapat merugikan Anda. Karena itu tetaplah waspada bila ada orang yang Anda kenal, terlebih lagi yang tidak, saat menawarkan menarik yang tidak masuk logika.

 

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *