Jelang GP Brasil, Lewis Hamilton Paling Cepat dan Cetak Rekor

Pebalap asal Inggris, Lewis Hamilton memang sudah resmi menjadi juara dunia ajang GP Formula 1 musim 2017 ini. Namun hal itu ternyata tak membuat semangat Hamilton kendor. Bahkan dalam sesi latihan bebas jelang GP Brasil hari Jumat (10/11) malam waktu Indonesia, pebalap Mercedes itu keluar sebagai yang tercepat dan sukses cetak rekor di sirkuit Interlagos.

 

Tampil ngotot dengan kekuatan 100%, Hamilton berhasil mencatat waktu satu menit 09,202 detik yang merupakan rekor lap baru di Interlagos. Ini adalah rekor yang didapat Hamilton dalam sesi latihan bebas pertama. Di belakang Hamilton ada rekan satu timnya, Valtteri Bottas yang mencatat waktu satu menit 9,239 detik. Tiga posisi di lima besar berikutnya diamankan Kimi Raikkonen, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, seperti dilansir Detik Sport.

 

Sementara dalam sesi latihan kedua, Hamilton tetap tak terbendung dan meraih posisi Bursatogel pertama dalam waktu satu menit 09,515 detik. Hamilton lagi-lagi unggul dari Bottas dengan selisih waktu 0,048 detik. Ricciardo sukses masuk di tiga besar disusul Sebastian Vette yang ada di posisi keempat, memperbaiki peringkatnya dari sesi latihan pertama.

Hamilton Bakal Susul Gelar Michael Schumacher?

Dengan gelar juara dunia di tahun 2017, maka ini adalah titel keempat sepanjang karier Hamilton di Formula 1. Sebelumnya pria berusia 32 tahun ini sudah pernah jadi juara dunia pada tahun 2008. 2014 dan 2015. Raihan ini membuat Hamilton jadi pebalap F1 Inggris paling sukses mengalahkan Sir Jackie Stewart yang memiliki tiga gelar juara dunia.

 

Kini bersama Vettel dan Alain Prost, Hamilton ada dalam gelar juara dunia F1 terbanyak ketiga. Posisi kedua adalah milik Manuel Fangio dengan lima gelar dan posisi teratas masih aman dihuni sang legenda balap Ferrari asal Jerman, Michael Schumacher dengan tujuh raihan juara dunia. Stewart sendiri tampaknya cukup yakin jika Hamilton bisa menambah gelar juara dunia lagi, bahkan bukan tak mungkin menggeser posisi Schumacher.

 

“Tak ada alasan untuk berasumsi Lewis tidak akan melangkah lebih jauh lagi dan mengejar rekor Schumacher serta Fangio. Tentu saja dia adalah pebalap yang lebih baik daripada saat dia memenangi gelar juara dunia pertamanya.” ungkap Stewart panjang lebar kepada Crash.net.

 

Belum Mau Pensiun, Hamilton Tunggu Verstappen

 

Usia Hamilton sebagai pebalap F1 memang sudah cukup senior dan memili banyak pengalaman hebat. Raihan gelar juara dunia 2017 seolah memicu semangat Hamilton hingga dirinya masih belum mau memikirkan kapan bakal pensiun. Tak seperti mantan rekan satu timnya, Nico Rosberg, Hamilton justru menatap musim berikutnya adalah sebuah perjuangan baru yang sangat seru.

 

“Setiap tahun saya bisa melakukan hal yang mudah seperti yang dilakukan Nico yang bakal berhenti dan mundur setelah empat gelar ini. Tapi saya pikir ada lebih banyak lagi dalam diri saya dan banyak hal di masa depan yang sangat menantang,” papar Hamilton. Bahkan secara jujur, Hamilton sangat menantikan pertarungan sejatinya dengan pebalap muda Red Bull, Verstappen, yang dianggapnya punya potensi sangat besar menjadi juara dunia di kemudian hari.

 

Pada 2017 ini, pebalap berusia 20 tahun itu berhasil menjadi juara di Malaysia dan Meksiko serta naik podium di China. Hal ini membuat Verstappen nyaman di posisi keenam klasemen pebalap F1 tahun 2017. Meskipun sempat kehilangan banyak poin karena gagal finish tujuh kali, potensi Verstappen adalah yang sangat dinantikan oleh Hamilton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *