Permen Susu Yang Mengandung Pil PCC Hanya HOAX

Pertengahan September masyarakat dunia maya heboh dengan viralnya video yang memperlihatkan seorang laki-laki bertingkah seperti orang kesurupan. Ternyata bocah tersebut mengonsumsi obat PCC. Polisi langsung bergerak cepat dalam menengani kasus ini. Sekarang ini justru ada kabar lebih mengejutkan lagi, soal permen susu yang mengandung PCC. Para orang tua pun langsung panik mengetahui berita tersebut. Kekhawatiran orang tua tentu sangat wajar sebab banyak anak yang terhadap permen poker88 dan mudah sekali didapatkan.

 

Kabar permen susu yang mengandung PCC awalnya beredar melalui sebuah pesan singkat. Pesan tersebut berbunyi bahwa beredar permen susu yang didalamnya mengandung PCC dan sudah ada di Ambarawa sasarannya anak-anak sekolah. Harganya juga cukup murah Rp 2.000 dapet satu renteng. Apabila anda mendapatkan pesan seperti itu maka jangan mudah percaya. Pasalnya Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan bahwa info yang beredar mengenai permen susu tersebut adalah palsu atau HOAX. Meskipun demikian bagi orang tua tetap perlu selalu mengawasi anak-anaknya.

 

Apa Itu Obat PCC?

Obat PCC biasa sebagai penghilang atau pereda rasa sakit yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Staf Ahli Kimia Farmasi BNN Kombes Mufti Djusnir menjelaskan bahwa PCC mengandung senyawa Carisoprodol. Obat PCC bekerja pada jaringan otak dan saraf yang dapat merilekskan otot. Obat tersebut biasa digunakan saat istirahat, ketika melakukan terapi fisik, serta pengobatan lainya.

 

Lantas apakah PCC masuk bagian dari narkoba? Mufti mengatakan itu bisa saja terjadi karena obat PCC memiliki zat adiktif. Meskipun demikian, masih diperlukan hasil laboratorium supaya dapat mengetahui kejelasan dari jenis obat PCC, apakah masuk kategori narkoba ataukah tidak.

 

Jadi kesimpulannya adalah permen susu yang katanya mengandung PCC merupakan sebuah berita HOAX. Untuk itu, jangan langsung percaya terhadap berita atau informasi yang beredar lewat pesan singkat atau media sosial. Berita ini dapat dijadikan sebuah pembelajaran agar lebih waspada lagi dengan berita-berita palsu.

 

Polisi Cek Beberapa SD Di Ambarawa Terkait Isu Permen Susu Yang Mengandung PCC

Kabar adanya permen susu yang mengandung PCC yang dijual ke siswa-siswa SD di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah yang viral di medsos. Polisi memastikan jika kabar tersebut hoax karena sudah melakukan pemeriksaan ke beberapa SD. Kombes Pol Lukas Akbar mengatakan bahwa timnya sudah ke Ambarawa bersama personel BPOM serta melaksanakan penelusuran ke beberapa SD di sana. Selain itu, beberapa siswa juga ditanya dan mengecek toko obat, tapi hasilnya nihil. Pemeriksaan tersebut dilakukan pada 23 September 2017.

 

Lukas mengatakan timnyasudah meneliti kandungan permen tersebut. Hasilnya di dalam permen susu tidak ada kandungan obat PCC. Setelah dilakukan penelitian bahan yang terkandung dalam permen susu ini tidak ada efek samping yang merugikan jika dimakan oleh anak-anak. Sehingga para orang tua tidak perlu khawatir terhadap berita bohong yang sudah tersebar luas di dunia maya.

 

Hingga sampai saat ini Kepolisian terus menelusuri tentang perkembangan berita tersebut. Petugas juga berusaha untuk mencari permen yang disebutkan mengandung PCC di salah satu pasar Ambarawa yaitu Pasar Projo dan hasilnya juga nihil. Menurutnya info hoax itu sengaja diselipkan oknum tertentu yang bertepatan dengan terungkapnya kasus keberadaaan pabrik obat PCC di Banyumas.

 

Kepolisian menghimbau pada masyarakat untuk berhati-hati dan juga waspada terkait penyebaran PCC atau keberadaan obat terlarang. Demikianlah isu permen susu yang didalamnya mengandung obat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *