Tour de Moluccas Kembali digelar

      No Comments on Tour de Moluccas Kembali digelar

Tentunya sudah banyak yang menantikan salah satu ajang olahraga balap sepeda taraf internasional untuk digelar kembali. Ya, apa lagi kalau bukan ajang balapaberkonsep sport tourism bertajuk Tour de Moluccas? Ajang tersebut kembali digelar selama lima hari yakni dari hari Senin, 18 September sampai 22 September 2017.

Akan dibagi dalam Empat Etape

TdM kali ini diselenggarakan di Maluku dan akan melewati 4 kabupaten yang ada di sana dan akan dibagi lima etape. Etape yang pertama dimulai dari Piru, sebuah tempat di Kabutapen Seram bagian barat di mana tempat itu menuju ke Masohi. Dan perjalanan di etape yang pertama ini paling tidak membutuhkan waktu 5 setengah jam.

Selanjutnya, perjalanan akan dimulai dari Wahai, sebuah tempat di Kecamatan Seram Utara di mana peserta akan menuju ke Bula, ibukota dari kabupaten Seram di bagian timur. Etape yang kedua ini kira-kira akan ditempuh dalam waktu 4 jam. Sedangkan etape yang ketiga dimulai lagi dari Bula menuju ke Wahai. Setelah itu,dari Masohi akan menuju ke Waipirit. Kemudian, di Waipirit, pesepeda-pesepeda bakal diangkut menggunakan kapal Ferry yang sudah disediakan untuk menuju ke kota Ambon.

Ini berarti, Ambon bakal jadi kota yang terakhir di mana kota tersebut akan disambangi oleh para pesepeda. Karena menjadi etape puncak, maka akan ada beberapa jalan yang ada di Ambon harus ditutup guna keperluan ini. hal ini dikarenakan rute yang ada di kota ini tergolong tidak biasa. Mereka akan mengitari kota Ambon saja sebanyak tujuh kali.dengan estimasi waktu, untuk satu kali putaran, butuh waktu 5 menit.

Kabid Humas Polda Maluku mengucapkan permintaan maafnya kepada para warga. “Kami sungguh mohon maaf pada seluruh warga jika di hari pelaksanaan ini ada sejumlah pengalihan arus lalu lintas dan juga penutupan ruasjalan.”ungkapnya hari ini, Rabu, 13 September 2017.”TdM akan memiliki dampak yang positif untuk Maluku. Lewat ajang ini lah Maluku dapat dikenal oleh dunia,” imbuhnya. Kurang lebih akan ada 120 peserta yang bakal ikut dalam balapan TdM di tahun ini. mereka semua berasal dari 30 negara yang berbeda.

Olahraga Ini akan Promosikan Maluku

Tour de Moluccas diharapkan dapat memperkenalkan Maluku pada dunia. Hal ini juga termasuk keindahan alam dan juga pariwisata raja poker yang ada di sana. Said Assagaf, Gubernur Maluku, menulis dalam keterangan di Jakarta, bahwa Td Mini memang diarahkan menjadi salah satu wisata olahraga sehingga ajang ini bisa sekaligus menjadi sebuah ajang promosi untuk sektor pariwisata Maluku dan juga sekitarnya. “Apa lagi kan ajang ini juga akan diikuti oleh kurang lebih 100 pesepeda dari 35 negara yang berbeda dan mereka siap adu cepat pada ajang sport tourism ini,” imbuhnya.

Etape yang ada di ajang ini ada 4 etape dengan total jarak sejauh 770,3 kilometer. Gubernur Maluku itu mengaku bahwa persiapan untuk ajang internasional ini sudah hampir selesai. Mulai dari logistik, rute, marshal sampai penginapannya, semua sudah hampir siap. Ada banyak negara yang mengirimkan atlet-atlet terbaik mereka, di antaranya:Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Taiwan, Tiongkok, Korea Selatan, Sri Lanka, Kazakhstan, Mongolia, Hong Kong, dan Kuwait.

Ada juga negara-negara dari Eropa yang mengirimkan atletnya untuk mengikuti TdM ini seperti Rusia, Italia, Prancis, Belanda, Slovakia, Belgia, Jerman, Ukraina, Inggris, Luxemburg, dan Denmark. Dan tak ketinggalan juga dari Afrika seperti Maroko, Afrika Selatan, dan Eritria. Benua Australia juga tak mau ketinggalan. Dan begitu juga dengan Amerika yang diwakili oleh Kanada dan Kolumbia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *