Sepakbola Wanita: Barca Tandatangani Striker Man City

Striker wanita berkebangsaan Inggris, Toni Duggan telah menandatangani kontrak dengan Barcelona dengan masa kontrak dua tahun. Ia telah resmi meninggalkan Manchester City. Menurutnya, Barca adalah tempat yang sempurna dan dia telah melakukan keputusan yang tepat untuk karir dan masa depannya. Striker cantik tersebut benar-benar merasa bersyukur menjadi bagian dari Barcelona.

Kesuksesan Toni Duggan

Mantan pemain Everton yang berusia 25 tahun ini adalah pemain asal Inggris pertama yang bergabung dengan klub Catalan sejak kepindahan Gary Lineker ke Nou Camp pada tahun 1986 silam. Duggan sendiri tercatat telah mencetak 15 gol dalam 47 penampilan senior untuk Inggris dan merupakan bagian dari skuad mereka di Women’s Euro 2017. Tidak ada kabar tentang berapa biaya transfer yang dipertukarkan, karena kontrak Duggan telah berakhir pada bulan November 2017.

Setelah tiba dari Everton pada November 2013, Duggan membantu City memenangkan gelar Women’s Super League One untuk pertama kalinya pada tahun 2016 dan merupakan bagian dari skuad yang memenangkan Piala FA Wanita tahun ini. Dia juga merupakan bagian dari timnas Inggris yang menempati posisi ketiga di Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada.

“FC Barcelona dikenal di seluruh dunia karena permainan sepakbola yang menarik dan saya tentu ingin menjadi bagian dari itu,” kata Duggan. “Saya pikir gaya permainan saya sesuai dengan tim dan saya merasa terhormat menjadi bagian dari klub,” tandasnya.

Ia melanjutkan: “Pelatih baru saya Fran Sanchez telah mengatakan kepada saya bahwa ambisi mereka adalah untuk memenangkan Liga Champions Wanita dan klub telah membuat hal itu sangat jelas dengan penandatanganan mereka selama ini”. “Saya juga telah sukses di Inggris dan saya sangat menikmati waktuku bersama Manchester City, tapi saya ingin menantang diri saya lebih jauh lagi dengan bermain di luar negeri. Saya juga ingin belajar bahasa Spanyol dan tinggal di kota ini,” imbuhnya penuh dengan semangat.

Skuad Wanita Barcelona Sedang Naik Daun

Seperti City, skuad wanita Barcelona mencapai semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka di tahun 2016-17, dan menempati posisi kedua di posisi teratas Spanyol. Ya, mereka telah meningkatkan investasi mereka di sepakbola wanita secara nyata dalam beberapa tahun terakhir dan telah melakukan tandatangan kembali dengan gelandang Spanyol Vicky Losada dari Arsenal pada November.

Barcelona sedang dalam pembicaraan dengan Liga Sepakbola Wanita Nasional Amerika dengan memasukkan sebuah tim domino qiu qiu pada 2018, setelah membuka kantor permanen di New York pada bulan September. Liga Sepakbola Wanita Nasional tersebut sebelumnya tidak pernah menyertakan klub Eropa walau sepenuhnya profesional, berbeda dengan tingkat teratas Spanyol, yang mencakup beberapa sisi pemain semi profesional.

Duggan sendiri telah mencetak 4 gol dalam 4 penampilan liga di Seri Musim Semi 2017 dan gol individual yang bagus di Liga Champions Wanita. Secara total, ia mencetak 31 gol dalam 74 penampilan untuk Manchester City. Striker kelahiran Liverpool itu akan menjadi satu-satunya anggota timnas Inggris saat ini yang berbasis di luar negeri.

Tidak ada yang bisa disampaikan selain doa yang terbaik untuk kesuksesannya di dalam menjalani karir barunya bersama klub Catalan sesuai dengan harapan dan impiannya. Walau sepakbola wanita belum sepopuler sepakbola para pria, tentunya dengan adanya kabar ini sangat terlihat jika sepakbola wanita kian mencuri perhatian para pecinta sepakbola di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *