Karyawan JICT Mogok Kerja Karena Bonus

      No Comments on Karyawan JICT Mogok Kerja Karena Bonus

Dari hari kamis, 3 agustus 2017 pukul 07.00 wib aktifitas di pelabuhan container sepi. Sebanyak 650 karyawan dari PT Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) melakukan demo, di halaman kantor pusat JICT koja, jakarta utara. mereka melakukan aksi mogok kerja dan menyampaikan semua inspirasinya. Akibat karyawan JICT mogok kerja, membuat aktivitas bongkar muad kontainer di pelabuhan sepi. JICT melayani hampir 70 persen, kegiatan bongkar muat barang impor ekspor di pelabuhan. Para karyawan menuntut proses penyelesaian hubungan industrial antara karyawan dan direksi JICT.

Penyebab Karyawan Mogok Kerja

Menurut ketua serikat pekerja JICT, noval sofyan hakim. Ada tiga hal yang menyebabkan mogoknya para pekerja jict. Pertama mengenai masalah bonus yang diberikan ke pekerja, kedua mengenai eprjanjian kerja sama dan ketiga mengenai program investasi tabungan. Masalah bonus karyawan, yang menjadi prioritas utama dalam masalah ini. menurut pengakuan para karyawan, kinerja dari JICT tahun ini naik mencapai 12 persen, tapi bonus yang diterima oleh karyawan malah menurun sampai 42 persen. Hal ini membuat banyak karyawan merasa kecewa.

Para karyawan merasa, sudah melakukan yang terbaik untuk JICT tapi tidak diberikan bonus sesuai yang dijanjikan. Para karyawan menuntut agar, pembayaran bonus sesuai dengan peningkatkan kinerja yang telah didapatkan JICT. Akibat masalah perpanjangan kontrak JICT yang melanggar aturan BPK, membuat pengurangan hak kerja sampai 42 persen. JICT setiap tahunnya bisa mendapatkan Rp 3,5 sampai Rp 4 triliun. Mereka akan melakukan mogok kerja dari tanggal 3-10 agustus 2017, sampai semua keluhan mereka diterima oleh direksi.

Pelayanan  Di Pelabuhan Di Alihkan

Akibat karyawan JICT mogok kerja, pelayanan di pelabuhan di alihkan. Pelabuhan yang akan melayani bongkar muat container hanya di terminal 3 pelabuhan tanjung priok,Terminal MAL, New Port Container Terminal 1 (NPCT-1) dan terminal peti kemas koja. Proses pengalihan bongkar muat ini sudah dilakukan sejak tanggal 31 juli 2018. Semua pelayanan kapal raksasa, juga akan dilakihkan ke terminal internasional.

Untuk mengatasi masalah karyawan yang mogok kerja, pihak JICT juga telah menggunakan tenaga operator crane profesional dari pelabuhan tanjung priok. Mereka smeua berasal dari pontianak, semarang, pelembang dan panjang. Selain melakukan pengalihan pelabuhan, juga meningkatkan keamanan selama kejadian mogok kerja terjadi. Pihak JICT bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengosongkan semua area pelabuhan. Bahkan JICT membatasi area masuk ke kawasan kantor. Supaya semua aset perusahaan terlindungi.

Akibat Aksi Mogok Kerja Karyawan

Hampir 650 karyawan melakukan aksi mogok kerja di JICT. Akibatnya melumpuhkan usaha dan bisnis di indonesia. Karena hampir semua kegiatan bongkar muat barang di indonesia di lakukan di pelabuhan lewat JICT. Menurut menteri koordinator bidang kemaritiman, demo ini sebenarnya cukup mengherankan. Melihat gaji karyawan JICT cukup besar, bahkan menduduki gaji tertinggi kedua di dunia di bidang jasa pelabuhan. Gaji operator di JICT saja mencapai Rp 36 juta.

Pihak kepolisian selalu menjaga pelabuhan, karena sebenarnya karyawan tidak boleh melakukan mogok kerja di area pelabuhan. Pelabuhan menjadi objek vital bisnis nasional. Jika terjadi kelumpuhan bisa mengakibatkan perekonomian negara ikut memburuk. Diharapkan segera ada, pertemuan yang baik antara karyawan dan manajemen JICT. Kalau pun ingin memperjuangkan haknya, diharapkan para karyawan dewa poker tidak menggangu aktivitas pelabuhan.Akibat karyawan JICT mogok kerja, kerugian yang dialami mencapai 100 trliun rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *