Motor Bekas Laris Menjelang Idul Fitri

Menjelang hari raya Idul Fitri tak hanya motor bertipe terbaru motor bekas pun banyak diburu karena akan digunakan untuk mudik di hari raya Idul Fitri. Ini tentu merupakan berkah bandar togel sgp jelang lebaran bagi tenaga penjual atau sales dan sejumlah leasing (perusahaan pembiayaan). Presiden Direktur & CEO PT FIFGROUP, Margono, menyatakan bahwa penjualan sepeda motor naik hingga 15% menjelang lebaran. Saat ini yang menjadi primadona adalah motor matic atau skutic, setelah itu disusul motor cub atau bebek, dan di posisi terakhir adalah motor  sport. Untuk brand Honda, pada kalangan low-end-nya ada Beat sementara pada pasar high-end-nya adalah Vario.

 

Kredit macet setelah lebaran

Meskipun  kredit masih menjadi pilihan banyak orang, masih menurut Margono, kredit macet kini semakin minim dalam beberapa tahun terakhir ini. Hingga saat ini kredit macet yang dilakukan konsumen hanya sejunlah 0.68% dengan masa tunggakan lebih dari 90 hari. Ini karena saat ini persyaratan untuk mengajukan kredit menjadi lebih ketat, ini termasuk yang diterapkan oleh FIFGROUP sesuai ketetapan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya seleksi konsumen akan dilakukan lebih baik menggunakan system Non Performing  Financing (NPF)  sesuai aturan  OJK.

 

Trik membeli motor bekas

Bagi Anda yang tergolong mempunyai dana terbatas dan membutuhkan motor untuk mudik lebaran tak perlu ragu untuk memilih motor dengan status bekas karena harganya relative akan lebih terjangkau. Tetapi jangan hanya berpatokan pada harganya saja, sehingga meskipun suatu produk dibandrol murah,  Anda tak boleh begitu saja percaya. Ada banyak hal yang harus dicermati saat memutuskan membeli sepeda motor bekas.

 

Yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah penjualnya, baik itu berupa dealer atau perorangan karena banyak sekali yang menawarkan motor bekas pakai. Bila Anda ingin membeli motor bekas pada sebuah dealer sebaiknya sebelumnya carilah informasi sebanyak mungkin tentang reputasi serta track record dealer motor seken tersebut. Caranya adalah dari lingkungan sekitar atau media-media yang dapat digunakan sebagai patokan. Apalagi saat ini sudah banyak bisnis yang go online sehingga Anda dapat melakukan survey via online terlebih dahulu.

 

Berikutnya setelah mengetahui kualitas penjual motor tersebut cermati kondisi motor yang menjadi incaran Anda, terutama yang berkaitan dengan kondisi mesin. Bila Anda bukan orang yang memahami mesin, ada baiknya mengajak rekan yang memang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut. Selanjutnya periksalah kelengkapan atau dokumen-dokumen yang ada mulai dari STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) hingga BPKP (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Perhatikan apakah semua nomor pada dokumen, rangka, serta nomor mesin motor sudah sesuai.

 

Bila memang tujuan Anda membeli motor adalah untuk mudik sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan jangan lupa untuk mentaati peraturan lalu-lintas demi keselamatan Anda. Tetapi perlu diketahui bahwa mudik dengan sepeda motor sebenarnya bukan hal yang dianjurkan apalagi bila jaraknya cukup jauh seperti lintas propinsi. Akan sangat dibutuhkan ketangguhan fisik pengendaranya untuk tetap focus demi keamanan hingga tiba di tempat tujuan.

 

Jangan membawa terlalu banyak barang agar jok motor tetap nyaman dan stabil dikendarai. Bagi Anda yang membawa anak-anak atau balita untuk mudik sebaiknya lupakan untuk mengendarai motor, sebaiknya pilihlah angkutan umum seperti bus atau kereta untuk menjaga mereka tetap sehat. Saat Anda merasa lelah apalagi saat mudik dalam kondisi puasa, segeralah beristirahat untuk memulihkan tenaga mengingat banyak sekali kasus kecelakaan di jalan raya karena pengendara dalam kondisi mengantuk atau terlalu lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *