Setelah Kontrak Terakhir, Legenda Totti Akhirnya Pensiun

Akan tiba masanya para pemain fenomenal menjadi seorang legenda yang dikenang oleh semua orang saat masa kejayaannya. Begitu juga dengan kapten sekaligus striker AS Roma, Francesco Totti, yang kiprahnya sudah terkenal di dunia sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik di Italia bahkan dunia yang kini memasuki masa pensiun usai kontrak terakhirnya dengan Roma berakhir tahun ini. Dunia tentu tidak akan pernah bisa melupakan sang legenda walau nantinya ia tidak terlihat lagi di atas lapangan hijau.

Totti; Sang Legenda Italia dan Dunia

Francesco Totti berusia 16 tahun saat ia membuat debutnya di AS Roma sebagai pemain pengganti pada 28 Maret 1993 dalam kemenangan 2-0 melawan Brescia. Francesco Totti adalah pencetak gol terbanyak Serie A kedua sepanjang masa, dengan total gol 248 (Silvio Piola mencetak 274). Legenda Roma tersebut sebelumnya telah menandatangani kontrak satu tahun dan menjadi kontrak terakhirnya sebelum ia pensiun pada musim panas ini setelah ia bermain untuk klub asalnya selama seluruh karirnya.

Mantan pemain depan Italia berusia 40 tahun itu telah mencetak total 307 gol dalam 783 penampilan untuk Roma. Ini merupakan rekor kedua di klub tersebut. Awalnya, ada keraguan tentang masa depannya setelah ia digunakan secara hemat oleh pelatih Luciano Spalletti. Dia hanya membuat 13 penampilan liga sepanjang musim namun mencetak empat gol dalam enam pertandingan terakhir musim ini, semuanya ia lakukan sebagai pemain pengganti.

Totti sendiri sangat menginginkan kontrak terakhirnya yang merupakan realisasi mimpiku. Ia menambahkan; “Saya selalu ingin mengakhiri karir saya dengan hanya mengenakan satu seragam – satu Roma.”

Seperti sudah diketahui jika Totti bergabung dengan Roma pada tahun 1989 pada usia 12 dan memulai debutnya pada tahun 1993 sebagai pemain berusia 16 tahun. Ia menjadi kapten termuda dalam sejarah Serie A. Lima tahun kemudian dan membawa mereka meraih gelar Bandar togel sgp tahun 2001. Presiden klub Jim Pallotta mengatakan: “Sangat tepat bahwa pada hari peringatan hari AS Roma didirikan, Francesco Totti telah menandatangani kontrak bermain (terakhir).”

Totti telah mendapatkan kontrak terakhirnya dan sudah terbukti jika ia dan seluruh pemain AS Roma telah melakukan hal yang tepat untuk membuat klub semakin sukses. Kini, sang legenda Roma tersebut akhirnya memutuskan untuk berhenti dan menikmati kehidupannya usai pensiun seperti yang ia inginkan sebelumnya.

Sang Legenda Pensiun dengan Bangga

Legenda Roma Francesco Totti akan pensiun di akhir musim ini, direktur olahraga baru klub, Monchi, mengungkapkan hal senada. Pemain depan dan kapten berusia 40 tahun itu telah mencetak 307 gol dalam 783 penampilan sejak membuat debutnya di AS 24 tahun lalu. Dia akan menjadi direktur di klub yang telah ia layani sepanjang karirnya.

“Ada kesepakatan dengan klub bahwa ini akan menjadi tahun terakhirnya,” kata Monchi. Ia melanjutkan; “Kemudian dia akan terus berkontribusi sebagai direktur, saya menginginkan dia di pihak saya karena dia adalah Roma dan bisa mengajari saya apa arti Roma,” tambah pemain asal Spanyol itu.

Totti, pemenang Piala Dunia bersama Italia pada 2006, telah memenangkan satu gelar Serie A dan dua Coppa Italias di Roma. Dia secara luas diperkirakan akan berhenti bermain musim panas lalu namun menandatangani perpanjangan satu tahun kontraknya. Dia telah membuat 25 penampilan musim ini, sebagian besar sebagai pemain pengganti. Dan pertandingan terakhir Roma musim ini di kandang Genoa pada tanggal 28 Mei akan menjadi yang terakhir baginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *